5 Cara Efektif agar Tidak Tertular Virus Corona

Coronavirus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona.

Penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru yang disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Infeksi virus Corona yang disebut COVID-19 ini pertama kali terjadi di kota Wuhan, China dan sekarang telah ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Langkah Mencegah Penularan Virus Corona

Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.

Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus Corona adalah:

1. Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

Jika Anda adalah pekerja komuter yang berada di dalam transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

2. Menggunakan masker

Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal.

Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

4. Tidak pergi ke negara terjangkit

Tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa. Virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Agar tidak tertular virus ini, Anda disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran coronavirus.

5. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan coronavirus

Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut

Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.

Bila Anda mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam 2 minggu terakhir Anda bepergian ke Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Anda juga bisa mencoba mendeteksi risiko Anda terkena virus Corona dengan klik gambar di bawah ini.

 

Source : https://www.alodokter.com/ketahui-cara-untuk-mencegah-penularan-virus-corona

Semoga Bermanfaat.. Terimakasih Informasi nya..

1. Flores

Tak akan ada habisnya membicarakan Flores. Alamnya begitu indah, dari lautan hingga gunung, semuanya memukau. Pulau Rinca contohnya. Lanskap nan indah seperti di padang sabana dengan perbukitan indah siap memukau mata.
Berlanjut ke alam bawah lautnya, ada 50 titik diving yang kaya akan biota laut. Bicara pulau-pulau cantik, ada Pula Pulau Padar dengan pemandangan luar biasa, kemudian Pulau Kanawa dengan pesisir nan cantik. Indah! Lalu ke atas alias ke dataran tinggi, ada Wae Rebo yang seperti kepingan surga jatuh ke bumi. Rumah yang unik dan lanskap sekeliling yang sangat indah membuat siapa saja yang mencapai desa ini tak ingin segera pulang.

2. Gunung Rinjani , Lombok

Berlanjut ke tetangga Flores, yaitu Lombok. Memang banyak destinasi cantik di Lombok, dan jika ingin mencari yang memukau, cobalah mendaki Gunung Rinjani.
Memang perjalanannya panjang dan menguras tenaga. Namun pemandangannya sungguh-sungguh membayar semua keringat dan waktu yang telah terlewati.
Salah satu permata dari Rinjani adalah Danau Segara Anak yang teramat indah. Danau yang sering jadi tempat bermalam para pendaki ini memiliki pemandangan indah terutama pada pagi hari.
Selesai menikmati keindahan Danau Segara Anak, saatnya menikmati Anjani. Ya, Puncak Rinjani pun tak kalah indahnya. Setelah haru mencapai puncak, mata akan terbelalak melihat betapa indahnya pemandangan dari ketinggian 3.726 mdpl itu.

3. Sombori, Sulawesi Tengah

Jangan hanya berkiblat ke Raja Ampat untuk urusan wisata bahari. Karena masih banyak tempat lain yang tak kalah memukau di Indonesia. Salah satunya adalah Sombori yang ada di Sulawesi Tengah.
Mungkin namanya belum terlalu dikenal. Namun sekali melihat keindahan alamnya, pasti langsung jatuh cinta dan ingin menjelajah ke pulau itu. Berada di kawasan konservasi perairan Morowali, sudah tentu alam di sini dijaga dengan baik. Air membiru dengan gugusan batu karang membentuk lanskap yang indah bak di surga. Alam bawah lautnya tak kalah kaya. Sombori memiliki aquarium point di Pulau Dua, Gua Berlian yang baru ditemukan, Pantai Koko yang masih perawan, serta berbagai keindahan lainnya yang belum dijelajahi.

4. Pulau Intata, Sulawesi Utara

Di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, ada beberapa pulau dekat perbatasan Indonesia yang mungkin jarang dilirik traveler. Namun keindahannya pasti membuat mata membelalak karena seperti di surga.
Bayangkan sebuah pulau tak berpenghuni yang hanya ramai setahun sekali tepatnya kala ada festival. Pasirnya putih bersih, hampir tak ada sampah. Lautnya biru berkilau, seakan tak ada jejak polusi.
Memang pulau ini sangat terjaga. Bahkan penduduk sekeliling pulau pun tidak diperbolehkan mengambil ikan di kawasan Pulau Intata kecuali saat festival saja. Inilah mengapa pulau yang satu ini indahnya begitu asli dan seperti di surga.

5. Danau Toba, Sumatera Utara

Bayangkan danau vulkanik dengan permukaan tenang dan pemandangan perbukitan serta pepohonan di sekelilingnya. Inilah permata Sumatera Utara, Danau Toba yang seindah surga.Danau ini memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km. Sering disebut sebagai danau terluas se-Indonesia, lanskap di sini benar-benar membuat nafas tertahan.Dari dekat, danau ini terlihat seperti tepian pantai. Karena angin yang mendorong air membentuk ombak-ombak kecil. Berenang? Boleh saja, asal memperhatikan keamanan.Dari ketinggian, Danau Toba menawarkan pemandangan luar biasa memukau. Bahkan jika dari spot tertentu, pemandangan sekitarnya terlihat seperti di Swiss. Betapa indahnya alam Indonesia.

Info by : Faela Shafa - detikTravel

Indonesia punya banyak tempat menarik nih guys..

Tempat-tempat wisata dibawah ini adalah tempat yang cantik guys dan mirip loh sama di luar negeri sana, penasaran kan…

Nih Informasi nya :

1. CANDI SUKUH (KARANG ANYAR) VS CHICEN ITZA (MEKSIKO)

VS1

Candi Sukuh merupakan sebuah candi hindu yang terletak di lereng gunung lawu, karanganyar, jawa tengah, candi sukuh memiliki karakteristik berbentuk piramida, selain itu terdapat patung-patung vulgar yang menonjolkan organ intim manusia.

Di Meksiko, terdapat sebuah candi peninggalan suku maya bernama Chicen Itza, memiliki karakteristik yang sama dengan candi sukuh, yaitu berbentuk piramida, bangunan ini masuk dalam 7 keajaiban dunia pada tahun 2007.

2. MONUMEN SIMPANG LIMA GUMUL (KEDIRI) VS ARC DE TRIOMPHE (PERANCIS)

VS2

Monumen simpang lima gumul, merupakan sebuah bangunan berbentuk kotak dengan lubang di tengahnya, bangunan ini diresmikan tahun 2008 dan menjadi landmark kota kediri.

Sedangkan Arc de Triomphe merupakan sebuah bangunan yang dibangun oleh Napoleon Bonaparte sebagai penghormatan terhadap para tentaranya, bentuk dari kedua bangunan ini hampir sama, hanya saja ukiran yang terdapat di dinding memang berbeda, Arc de Triophe sendiri dalam bahasa indonesia berarti “gapura kemenangan”.

 

3. CANDI PRAMBANAN (JOGJAKARTA) VS ANGKOR WAT (KAMBOJA)

VS3

Siapa yang tidak tahu tentang Candi Prambanan, Candi Prambanan merupakan sebuah komplek candi dengan beberapa candi besar yang dikelilingi oleh candi-candi pendamping.

Sama halnya dengan candi prambanan, di kamboja terdapat komplek candi bernama angkor wat. sama halnya dengan candi prambanan, angkor wat merupakan candi agama hindu, namun usianya lebih muda dibanding candi prambanan, dan keduanya masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.

4. PASAR APUNG (BANJARMASIN) VS FLOATING MARKET PATTAYA (THAILAND)

VS4

Pasar apung atau floating market bisanya identik dengan negara thailan dan vietnam, namun siapa sangka di Indonesia juga terdapat pasar apung, terletak di kota banjarmasin, terdapat dua pasar apung yang bisa kita kunjungi, yaitu pasar apung lok baintan di sungai tabuk dan pasar apung muara kuin di sungai kuin.

Sedangkan pasar apung di thailand terletak di damnoen sundak, floating market ini menjadi objek wisata menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin melihat aktivitas tradisional.

5. RAJA AMPAT (PAPUA) VS PHI PHI ISLAND (THAILAND)

VS5

Siapa yang tidak tahu tentang keindahan raja ampat, terletak di papua barat, keindahan raja ampat sudah terdengar hingga dunia, lokasi ini merupakan tujuan favorit bagi traveler yang menyukai wisata bahari, gususan pulau karang dan keindahan taman bawah lautnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Sedangkan di phi phi islang, thailand kita juga bisa melihat pemdangan yang hampri sama dengan raja ampat, tempat ini juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio, namun banyak yang bilang jika raja ampat lebih indah daripada phi phi island.

menyusun-koper

 

Ini daftar barang-barang yang harus dibawa pada saat Liburan guys…

Kamu harus pintar dan bijak memilih barang mana saja yang mau dibawa liburan. Nggak mungkin kan semua barang mau kamu bawa? Mau liburan apa mau pindahan? Oke deh, biar kamu nggak galau milih ini atau itu buat dibawa berikut kami bantu untuk pilih mana saja yang akan di bawa yah..

 

1. Baju Luar dan Dalam

Kamu harus bisa memilih dan memilah berapa banyak yang harus dibawa, disesuaikan dengan berapa hari kamu bepergian yah..

 

2. Peralatan Mandi

Penting juga kamu bawa, jika lupa tidak membawa nya akan membuang waktu dan uang kamu untuk membeli yang baru lagi, yang penting nya saya yah guys, misalkan sabun, sampo, handuk, pencuci wajah, pasta gigi dan sikat gigi..

 

3. Sandal Jepit

Ini penting guys, untuk berjalan santai agar kaki tidak lelah menggunakan sepatu terus..

 

4. Tas Lipat

Bisa jadi pada saat berangkat kamu hanya membutuhkan satu tas saja, tapi siapa tahu saat kamu pulang, barang bawaan kamu bertambah karena banyak banget oleh-oleh yang kamu beli. Nah di sinilah kegunaan tas lipat. Kamu jadi nggak kebingungan buat bawa semua oleh-oleh liburanmu.

5. Obat – Obatan Pribadi

Meskipun kamu merasa sehat-sehat aja, membawa obat-obatan pribadi saat liburan sangat disarankan. Hal ini untuk mengantisipasi jika kamu tiba-tiba merasa nggak enak badan dalam perjalanan. Kan belum tentu saat di perjalanan kamu menemui toko obat.

6. Gadget

Gadget ini bisa smartphone atau kamera. Dua barang ini wajib kamu bawa. Smartphone berfungsi untuk pamer mengabari orang-orang terdekat mengenai keadaan kita. Atau bisa juga jadi kamera, kan sekarang ini kamera di smartphone sudah canggih banget. Atau kalo kamu merasa kamera smartphone kurang mumpuni mengabadikan momen-momen liburan, kamu juga bisa membawa kamera beneran. Eits, jangan lupa bawa pembungkus kamera kedap air juga ya.

7. Power Bank dan Charger

Apalah arti smartphone kalo baterainya habis. maka dari itu saudara Loopers sekalian, janganlah kamu lupa buat membawa yang namanya power bank atau charger universal.

 

8. Dokumen Penting

Dokumen penting sepeti paspor, KTP, SIM, dan kartu kredit penting buat kamu bawa saat liburan. Dokumen penting ini berfungsi sebagai pengenal dan identitas kamu di tempat baru yang kamu kunjungi.

9.  Tabir Surya

Ingin berlibur ke pantai, gunung atau kota, tabir surya atau sunblock adalah benda yang wajib dibawa. Paparan sinar matahari tetap bisa merusak kulit walau iklim terasa dingin.

10. Hand Sanitizer

Gel pencuci tangan dapat menjaga tangan kamu bebas dari kuman dan tetap bersih setiap saat. Ini penting, terutama ketika kamu pergi ke daerah, dimana air bersih tidak selalu tersedia.

11. Tisu Basah

 Walah sudah membawa gel pembersih tangan, ada baiknya kamu membawa tisu basah. Berfungsi sebagai penyeka keringat berlebih yang menyegarkan, jika kamu mengunjungi negara panas.

 

12. Kacamata Hitam

Kacamata hitam bukan hanya untuk bergaya, tapi juga bisa melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya.

 

13. Kantong Plastik

Berguna untuk menaruh pakaian kotor atau basah agar pakaian kamu lainnya tetap bersih. Kantung ini juga berguna sebagai tempat muntahan bagi kamu yang mudah mabuk darat, laut dan udara.

 

14. Permen Karet

Bila bepergian dengan pesawat, sebaiknya siapkan permen karet dan kunyahlah karena dapat mengurangi tekanan telinga saat take-off.

 

15. Buku, Majalah atau Mainan

Bepergian ke tempat yang jauh dan membutuhkan waktu berjam-jam tentu membuat kamu bosan. Oleh karena itu, bawalah buku, majalah atau teka-teka silang untuk menghilangkan kebosanan.

 

Semoga bermanfaat yah guys….

 

Info by loop.com / Garlic Store ^^

Baby Traveling

Simak beberapa tips untuk menjadikan perjalanan Anda dan si kecil aman serta nyaman…

Bayi yang baru lahir tentu sangat memerlukan perhatian terus menerus dari Anda, sehingga tidak dianjurkan untuk membawanya bepergian jauh.

Namun demikian, jika bayi Anda sudah berusia lebih dari 3 bulan, Anda bisa lebih tenang membawanya dalam perjalanan jauh. Selain kondisi fisiknya yang sudah lebih stabil, pada usia ini bayi Anda tidak akan merasa terganggu dengan berbagai kondisi perjalanan.

Tips Dalam Kendaraan

Jika Anda menggunakan pesawat terbang, sebaiknya Anda menyusui bayi Anda pada saat lepas landas maupun mendarat. Jika ia tertidur pada kedua waktu tersebut, tempelkan saja mulutnya ke payudara Anda.

Jika Anda bepergian dengan mobil, selalulah meletakkan bayi Anda di baby car seat (jok khusus bayi) yang diletakkan di belakang jok supir dengan menghadap ke belakang.

Dalam mobil, jangan meletakkan baby car seat di jok depan, walaupun mobil tersebut dilengkapi dengan kantung udara. Pastikan pula bahwa baby car seat terpasang dengan sempurna dan benar.

Apa Saja yang Harus Anda Bawa?

Berikut beberapa masukan mengenai perlengkapan yang sebaiknya Anda bawa serta. Sebagian merupakan keharusan dan sebagian lagi tergantung kepada jenis dan jauhnya perjalanan Anda…

  1. Krim untuk ruam popok.
  2. Tas atau kantong plastik untuk popok kotor.
  3. Popok bersih secukupnya.
  4. Parasetamol untuk bayi.
  5. Topi pelindung matahari.
  6. Krem pelindung matahari untuk bayi.
  7. Pelindung kaca jendela.
  8. Susu formula (jika Anda bukan ibu menyusui).
  9. Botol berisi air matang.
  10. Makanan bayi.
  11. Celemek makan plastik untuk bayi.
  12. Selimut bayi.
  13. Tempat tidur bayi.
  14. Perlak gendong dan perlak besar.
  15. Pakaian bayi yang mudah menyerap keringat.
  16. Minyak telon.
  17. Tisu basah.
  18. Sabun, shampoo dan bedak bayi.
  19. Jaket bayi.
  20. Kantong muntah.
  21. Lotion anti nyamuk untuk bayi.
  22. Tas mainan.
  23. Kumpulan mainan bayi.
  24. Ransel gendongan bayi untuk yang belum bisa duduk.
  25. Kereta dorong buggy untuk yang sudah bisa duduk.

Pertimbangkan pula untuk membawa pencegah kolik, tetes hidung serta jel tumbuh gigi jika bayi Anda sedang dalam masa pertumbuhan gigi.

Tips Lain

Hindarkan bayi Anda dari sengatan langsung matahari, terutama antara jam 11.00 – 15.00.

Usahakan untuk membatasi aktivitas perjalanan Anda. Walaupun suasana baru dalam perjalanan bisa menyenangkan untuk bayi Anda, namun ia pun akan cepat lelah. Sebaiknya 1 tujuan perjalanan per hari sudah cukup.

Jauhi tempat-tempat yang padat sebisa mungkin. Bayi Anda akan mudah gelisah pada suasana yang padat dan hiruk pikuk.

Jika Anda menggunakan mobil pribadi, ada baiknya Anda berhenti untuk beristirahat secara berkala. Keluarkan mainan bayi Anda dan bersenang-senanglah dengannya untuk sementara waktu.

Jangan lupa untuk mempersiapkan obat-obatan yang diresepkan dokter untuk bayi Anda, jika ia memang sedang dalam pengobatan atau menderita penyakit tertentu.

Persiapkan semua perlengkapan untuk bayi Anda jauh hari sebelum keberangkatan.

Selamat Bepergian..

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Sam dan teman-temannya serta para Autobots sedang berjuang menyelesaikan misinya untuk menghentikan ambisi jahat para Decepticon di bumi. Sampai pada suatu waktu, robot tua yang mereka temukan mengantarkannya ke gurun tandus yang panas dengan magic-nya. Sampai disana mereka beristirahat disebuah kota berbatu yang sangat indah. Semua yang sudah menyaksikan film Transformer jilid ke 2 pasti melihat kota ini. Itulah Petra, kota batu dari Timur Tengah milik Jordania.

Tapi pesona Petra tak sedangkal yang diceritakan Transformer. Dari balik batu, terdapat sejarah luar biasa sejak sebelum masehi milik peradaban bangsa Nabatean yang cerdas. Mereka adalah pengembara yang berkelanan untuk berdagang. Para Nabatean pun hidup disana dan tumbuh menjadi saudagar kaya dari bisnis yang mereka jalani.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Ini berawal dari kehadiran Nabatean disana. Raja Aretas IV yang memimpin para Nabatean ingin membangun sebuah kota di abad ke-6 sebelum masehi. Tak bisa dibayangkan bagaimana proses pembangunannya berlangsung. Tapi yang bisa diketahui, semuanya bermodal kecerdasan kaum Nabatean. Batu-batu digali dan diukir dengan perkakas yang entah seperti apa. Hasilnya, Petra menjadi kota dengan pertahan terbaik dan Petra yang keindahan reruntuhannya menjadi tempat wisata saat ini. Sebuah tempat yang membuat Michael Bay sang sutradara Transformer sampai berpikir untuk menjadikannya bagian dari cerita.

Kecerdasan Nabatean pun tak sampai hanya dari permukaan kotanya saja. Dari dalam, mereka berhasil menciptakan sebuah sistem yang mampu menghidupi kaumnya. Keahlian membuat saluran air dan tangki bawah tanah membuat kota tersebut tidak pernah kesulitan memeroleh air bersih. Demi memermudah proses pengangkutan air, mereka menggunakan sistem hidrolik. Sulit dibayangkan bagaimana peradaban yang hidup sebelum masehi mampu menciptakan hal luar biasa ini.

Keberhasilan mereka membangun kota inilah yang turut berperan dalam kesuksesan mereka soal urusan perdagangan yang mampu membuat kaumnya hidup makmur. 4 abad sebelum masehi, kota yang memiliki posisi strategis ini menjadi jalur perdagangan dunia yang ramai. Lokasinya menjadi jalur distribusi perdagangan antara Eopa dan Timur Tegah.

Kota yang awalnya ditempati karena memiliki benteng pertahanan yang kuat berubah jadi pusat perdaganga dunia. Individu Petra pun tumbuh pesat hingga ribuan jiwa sehingga membuat kota ini semakin ramai. Mereka juga memungut bea cukai demi memertahankan kemakmuran yang telah dicapainya. Sebelum akhirnya kemakmuran Petra runtuh perlahan seiring kedatangan Romawi di tahun 106 masehi.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Setelah itu, sejarah lain pasca Nabatean pun tercatat disini. Mulai dari kehidupan para Romawi yang sedikit merubah gaya arsitekturnya sehingga terdapat gaya Romawi, sampai jejak ke-Nabian pun hadir disana. Tercatat Nabi Harun as pernah tinggal disekitar Petra. Gunung Harun atau Jabal Harun dekat Petra diyakini sebagai lokasi dimakamkannya Harun as. Tradisi Arab juga meyakini kalau Nabi Musa as pernah singgah disana sebagai orang yang memukul batu dengan tongkat hingga mengeluarkan air. Nabi Muhammad SAW saat berusia 10 tahun beserta pamannya pun pernah menyambanginya.

Tahun 700an masehi Petra sempat dibiarkan kosong selama beberapa abad, seiring kemunculan beberapa bencana dan kehadiran jalur perdagangan baru. Sistem Hidrolik beserta beberapa bangunan utama pun hancur. Sampai suatu waktu di abad ke-12, perang Salib yang mencenangkan dunia kala itu benar-benar menghilangkan eksistensi Petra. Lalu, Petra pun ditinggalkan dan tak dikenal dunia selama 500 tahun. Hanya para Arab Badui yang mengetahui keberadaan Petra pasca perang. Julukan ‘The Lost City’ pun merekat.

Abad 19, Petra ditemukan kembali oleh petualang Swiss bernama Johann Ludwig Burckhardt. Ia seolah menjadi pintu bagi Petra agar dunia melihatnya. Pasca kehadiran pria yang lebih sering menamai dirinya Louis ini, Petra terus eksis sampai menjadi objek wisata para traveller dari seluruh dunia. Ini karena sejarahnya, pesonanya, hingga panorama sekitarnya yang bergitu indah dikelilingi gunung batu yang tandus. Membawa fantasi wisatawan semakin liar. Petra pun berhasil memesona UNESCO hingga mencatatnya sebagai ‘World Heritage’ sejak 1985 dan ‘New Seven Wonders’ pada 2007.

 

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Imagine all the people, living life ini peace”. Begitulah harapan mendiang John Lennon, pentolan The Beatles dalam sepenggal lirik lagu Imagine yang melegenda itu. John, selalu memimpikan kalau manusia di dunia bisa hidup dengan damai, tanpa melihat agama, negara, suku dan hal lain yang bersifat perbedaan. Ia juga adalah sosok yang menentang keras perang Vietnam. Namun, John Lennon telah meninggalkan dunia lewat kematiaan kontroversialnya oleh 4 peluru dari Revolver 38 yang dikendalikan Mark David Chapman di The Dakota, 8 Desember 1980.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Meskipun begitu, spirit perdamaiannya tidak ikut sirna. Yoko Ono, istri keduanya setelah Cynthia mewarisi semangat itu. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk tugu perdamaian di Islandia yang bernama ‘Imagine Peace Tower’ atau ‘Menara Bayangan Perdamaian’ atau ‘Friðarsúlan’ dalam bahasa Islandia. Menara ini dibangun pada 9 Oktober 2007 bertepatan dengan ulang tahun John dengan tujuan untuk mengenang sang legenda sekaligus memancarkan cahaya perdamaian.

Ada 2 hari penting untuk pergi kesana, yaitu setiap 9 Oktober dan 8 Desember. Ini merupakan tanggal lahir dan matinya pria bernama lengkap John Winston Lennon ini. Di malam bersejarah itu, Cahaya ini akan terpancar kelangit sambil menghiasi tulisan ‘Imagine Peace’ yang telah diartikan ke dalam 24 bahasa berbeda. Cahaya itu keluar dari sumur permintaan atau ‘Wishing Well’ yang berbentuk lingkaran berbahan keramik Neopari putih. Cahaya ini akan bersinar dari tanggal lahir sampai wafatnya John Lennon dengan batuan tenaga Geotermal.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Masih dibawah menara ini, terkubur 500.000 pesan tertulis mengenai perdamaian. Pesan ini dikumpulkan Ono selama bertahun-tahun dalam sebuah proyek yang dinamai ‘Pohon Permintaan’ atau ‘Wishing Tree’.

Lagu Imagine akan berkumandang disini di 2 hari pentingnya tadi. Orang-orang yang datang akan bersama menyanyikan perdamaian di momen yang sangat bersejarah ini. Baik untuk Yoko, penggemar The Beatles dan John Lennon, serta dunia sekaligus. Menara itu beserta lagu yang menjadi latar belakang namanya, Imagine, kini menjadi hymne perdamaian yang selalu berkumandang disana.

Pemandangan dari jarak jauh pun sangat indah. Cahaya berwarna yang dipancarkan ke atas, akan mengiasi langit Reykjavik yang jadi lokasi menara itu berdiri. Cahaya itu akan berpadu dengan pemandangan indah langit malam Islandia yang penuh warna, juga dipercantik oleh panorama sekitar.

 

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

 

Bagi para Traveler terutama yang suka berkelana ke gunung, hutan dan sebagainya, Carrier/kerir menjadi sebuah benda yang sangat penting untuk menyimpan segala perbekalan. Namun bagi pemula, banyak yang tidak tahu bagaimana memilih kerir yang pas. Banyak yang berpikir kalau membeli kerir dengan harga yang mahal adalah cara paling benar karena berfikir harga tidak akan berbohong. Namun sebenarnya ini tak melulu benar.

Memilih kerir tidaklah bisa digeneralisasikan. Dimana satu kerir terbaik untuk orang lain belum tentu jadi yang terbaik untuk yang lainnya. Ini karena bentuk tubuh manusia berbeda-beda. Faktor paling utama dalam memilih kerir adalah kenyamanan dan keamanan. Untuk itu, berikut tips memilih kerir dari duta wisata.

  1. Bentuk Kerir

Torso manusia memiliki bentuknya masing-masing, untuk itu pastikan kerir yang dipilih sesuai dengan torso anda. Bentuk terbaik dari sebuah kerir adalah menyerupai tabung yang tidak terlalu melebar ke samping atau ke belakang. Isilah kerir dengan sesuatu sampai bisa bediri, lalu pakai dan berjalanlah beberapa meter. Dari situ rasakan mana yang paling nyaman dengan tubuh.

  1. Fitur Kerir

Banyak fitur dalam kerir yang bisa menentukanfakktor kenyamanan. Diantaranya adalah memiliki back system yang baik. Lihat kerir yang dibeli lalu perhatikan bagian belakangnya. Pastikan memilih kerir yang memiliki besi penyangga, ini berguna untuk menopang tubuh. Lalu cari kerir yang memilik pengatur panjang punggung. Ini berfungsi untuk mencari stelan terbaik bagi punggung anda. Kemudian perhatikan bantalan punggungnya. Kerir dengan bantalan punggung yang baik biasanya berbahan yang mudah menyerap keringat, memiliki rongga udara, menimbulkan efek nyaman saat bersentuhan dengan tubuh, serta memiliki bantalan pada lumbar dan scapula. Perhatikan pula tali-tali seperti tali pinggang, bahu, dada, dan tali pengatur atas. Tali pinggang yang baik adalah yang empuk sedikit lebar, saat dipakai berada pada tonjolan pinggang, dan tidak mudah turun sehingga bisa membagi beban dengan bahu. Lalu tali bahu, pilihlah tali yang memiliki webbing, berbahan empuk, berhubung dengan bagian atas tas, dan nyaman dipakai. Untuk tali dada, pilihlah tas yang memiliki tali dada dengan posisi yang pas, tidak terlalu menykik dada. Lalu tali terakhir, yaitu tali pengatur atas, pastikan memilih tali yang terhubung dengan bagian puncak tas agar tas tidak condong ke belakang saat dipakai.

  1. Bahan Kerir

Pilih tas yang berbahan empuk serta mampu menyerap keringat.

  1. Efisiensi tas

Ini bisa dilihat dari resletingnya. Pilihlah yang memiliki resleting atas, samping dan tengah agar mudah dalam mengambil barang. Pilih juga yang memiliki ruang tambahan di bagian atas untuk menyimpan sesuatu yang sifatnya paling dibutuhkan seperti jas hujan dan obat-obatan. Untuk keamanan, carilah tas yang memiliki resleting tersembunyi dan bisa dikunci.

  1. Ukuran

Ini sangat penting dalam memilih kerir. Pastikan ukuran yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tentukan dulu kegunaannya, barulah pilih ukuran yang dirasa paling pas. Jangan lebih besar dari kebutuhan apalagi lebih kecil.

  1. Warna

Selin agar terlihat lebih good looking, pemilihan warna juga berpengaruh terhadap keselamatan. Pilihlah yang berwarna cerah. Ini berguna agar bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, pemiliknya akan lebih mudah ditemukan.

  1. Keren

Meskipun di alam liar, pastikan memilih kerir yang membuat anda tetap terlihat keren. Karena meskipun berada di alam, anda tetap tidak sendirian :)

Blue Mosque (Foto: Istimewa)

Blue Mosque (Foto: Istimewa)

 

Dimanakah Ibukota Turki? Pasti banyak yang menjawab Istanbul. Salah, yang tepat adalah Ankara. Ya, Istanbul bukanlah Ibukota, tapi yang paling terkenal di Turki. Selain sebagai yang terbesar dan posisinya yang strategis sebagai pusat perdagangan karena berada di dua benua, ‘faktor X’ lainnya yang membuatnya menjadi terpopuler adalah kehadiran Blue Mosque dan Hagia Sophia yang memesona sebagai landmark-nya.

Saat pertama kali melihat Blue Mosque, nama Masjid Biru rasanya kurang pantas untuk disematkan. Hanya bagian kubahnya yang terlihat kebiruan. Namun memang bukan itu identitas resminya. Mesjid ini sebenarnya bernama Masjid Sultan Ahmed. Namanya diambil dari sang empu-nya, yaitu Sultan Ahmed I dari dinasti Ottoman yang berkuasa pada tahun 1603-1627. Untuk menyaingi kemegahan Hagia Sophia, ia memerintahkan Mehmed Aga, seorang arsitek kenamaan kala itu untuk merancang sebuah masjid yang sangat megah tepat di hadapan Hagia Sophia.

Konon ia meminta untuk dibuatkan masjid dengan 4 menara yang terbuat dari emas. Akhirnya sejak pertama dibangun pada tahun 1609, pembangunan pun selesai 7 tahun kemudian. Namun yang terjadi bukanlah masjid dengan 4 menara emas, melainkan 6 menara yang bukan dari emas. Ini karena sang perancang salah mendengar permintaan sang Sultan. Emas yang dalam bahasa setempat disebut ‘Altin’, justru malah terdengar ‘Alti’ yang berarti enam. Maka dibangunlah masjid sesuai dengan permintaan versi pendengaran si arsitek. Ia pun panik dan berpikir akan dipenggal karena kesalahannya. Tapi yang terjadi, Sultan Ahmed justru terpesona dengan keindahan 6 menara yang mengitari masjid idamannya itu. Namun, ini sebenarnya sempat membuat sang Sultan mendapat kritik karena jumlah menara ini sama dengan Masjidil Haram di Mekah.

Rekasi Sultan terhadap desain masjid itu rupanya juga menjadi rekasi dunia sehingga kemegahannya menggema ke seisi bumi hingga saat ini. Bagaimana tidak, bentuk mesjid ini sangat indah. Eksteriornya bukan hanya menara-menara yang menjulang tinggi tadi. Ada pula kubah-kubah biru yang seolah saling bertumpu di ketinggian dengan ukuran yang berbeda, dimana kubah tertinggi memiliki diameter 23,5 meter dan tinggi 43 meter. Taman indah pun turut menghiasi bagian luar masjid ini.

Blue Mosque (Foto: Istimewa)

Blue Mosque (Foto: Istimewa)

Interiornya pun sangaat memesona. Dengan dilapisi dinding-dinding keramik berwarna biru, bagian dalam masjid ini menjadi semakin cantik. Belum lagi lampu-lampu indah bergelantung di atasnya, semakin menyinari kaligrafi-kaligrafi buatan Seyyid Kasim Gubari yang terukir di dindingnya. Bagian dalam ini tak semuanya bisa dipakai hanya untuk berwisata. Wisatawan yang tidak akan beribadah hanya boleh masuk hingga syaf bagian belakang karena yang didepan digunakan untuk ibadah. Saat masuk pun terdapat aturan kalau semua harus berpakaian sopan seperti yang diisyaratkan dalam agama Islam.

Dari dulu hingga sekarang, masjid ini tetap berfungsi sebagai tempat beribadah. Selain itu juga menjadi salah satu icon wisata di Istanbul. Masjid ini pun sering dianggap sebagai puncak perkembangan masjid selama dua dekade Kekhalifahan Utsmaniyah. Kubah-kubahnya pun menandakan kemajuan teknologi bangunan di jaman tersebut.

Dihadapannya, berdiri sang tetangga yang lebih dulu memancarkan pesonanya. Itulah Museum Hagia Sophia. Di dalam museum itu, terdapat nuansa dua religi sekaligus. Islam dan Kristen. Ini karena museum ini awalnya dibuat sebagai gereja yang berdiri selama 916 tahun dan sebagai Masjid di 482 tahun berikutnya hingga pada 1935.

Blue Mosque dan Hagia Sophia (Foto: Istimewa)

Blue Mosque dan Hagia Sophia (Foto: Istimewa)

Gereja itu sendiri berdiri di era Konstantinopel pada tahun 537. Namanya berasal dari bahasa Yunani Aγια Σοφία yang berarti Kebijaksanaan Suci. Orang yang membangunnya adalah Kaisar Justinian. Ia membuatnya hanya dalam waktu 6 tahun, namun hasilnya gereja ini menjadi yang termegah disana sebelum akhirnya disaingi oleh Blue Mosque. Bahkan beberapa sumber menyebut kalau gereja ini kaya akan hiasan emas dan permata. Bila berada di dalamnya saat itu, mata aan dibuat terpesona oleh mozaik-mozaik dan karya seni lainnya yang sangat indah. Pihak yang menggunakan gereja tersebut untuk ibadah adalah masyarakat Byzantine ang dibina oleh Constantius, putera Kaisar Constantine Agung.

Gereja ini sering kali mengalami kerusakan terutama pada bagian kubah. Ini karena gempap-gempa besar yang sering melanda kala itu. Meskipun konon dirancang untuk tahan gempa, kubah tersebut tetap tak mampu menahan goncangan alam.Gempa yang merusak tersebut diantaranya terjadi pada 558 masehi saat era otoritas Justinianus, dan 986 masehi di jaman Basil II berkuasa.

Hagia Sophia (Foto: Istimewa)

Hagia Sophia (Foto: Istimewa)

Sampai pada di tahun 1450 ahirnya gereja ini runtuh sepenuhnya, namun bukan runtuh secara fisik. Hal ini menjadi tanda takluknya Konstantinopel oleh pasukan Turki Usmani yang dipimpin oleh Sultan Mehmet II. Saat itu, pasukan Usmani mengepung Konstantinopel setelah Kaisar Romawi kala itu menolak tawaran darinya. Kala itu Mehmet II mengingingkan Konstantinopel ditinggalkan dengan jaminan kaisar Romawi akan dijamin keselamatannya dan akan diberi kekuasaan di Yunani, tapi ditolak mentah-mentah.

Penolakan itu memicu perang tak seimbang. Maklum saja 7.000 prajurit dan 50.000 penduduk Konstantinopel terpaksa harus melawan 100.000 pasukan Turki Usmani. Namun, Konstatinopel memiliki benteng kota yang kokoh sehingga memaksa Mehmet II untuk melakukan serangan yang lebih masiv. Sampai pada akhirnya benteng tersebut roboh. Konstatinopel semakin terdesak hingga hanya menyisakan Gereja Hagia Sophia. Penduduk dan prajurit yang pasrah akan kekalahan berkumpul disana. Melakukan misa terakhir sambil membunyikan lonceng sepanjang malam.

Hagia Sophia (Foto: Istimewa)

Hagia Sophia (Foto: Istimewa)

Melihat kondisi ini, sang Sultan merasa menang. Konstantinopel benar-benar runtuh lalu bererganti nama menjadi kota Islam atau Istanbul. Gereja ini menjadi saksi runtuhnya Konstantinopel sekaligus menjadi bagian yang juga “runtuh”. Sang Sultan segera memasuki kota, ia turun dari kudanya lalu bersujud atas keberhasilannya menghancurkan pasukan Byzantine. Ia langsung segera memerintahkan pasukannya untuk menghancurkan semua benda peninggalan Kristen di dalam gereja tersebut. Setelah itu ia pun merubah fungsinya dari gereja menjadi Masjid. Di bulan Mei 1453, Shalat Jumat pertama pun berlangsung di Masjid yang tetap bernama Hagia Sophia ini.

Hampir senasib dengan pendahulunya, Masjid ini pun kembali “runtuh” seiring berakhirnya kekuasan Ottoman saat terjadi perang dunia di tahun 1937. Kekalahan Ottoman akhirnya merubah Turki menjadi Republik. Ibukota pun berpindah dari Istanbul ke Ankara dan tentunya Mustafa Kemal Ataturk pun menjadi pengusa dengan tahta presiden pertama Turki. Sang ‘Bapak Republik Sekuler Turki’ itu langsung melakukan proyek “Pembongkaran Hagia Sophia”. Dinding-dinding di kerik, ornamen kristiani dimunculkan kembali hingga terjadi perpaduan dua agama di dalamnya. Mozaik dan seni lainnya dengan nuansa kristiani nampak di interiornya berpadu dengan kaligrafi-kaligrafi Islami. Hagia Sophia pun resmi berubah fungsi menjadi museum Hagia Sophia hingga sekarang.

 

 

 

 

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Berenang lumba-lumba adalah sebuah kegiatan yang didambakan banyak orang, tapi memerlukan sedikit keberuntungan untuk bisa melakukannya. Hal ini karena para mamalia lucu tersebut tidak selalu hadir di permukaan, selain itu tak banyak lautan yang menjadi titik berkumpulnya para lumba-lumba. Port Stephens di Australia menjadi bagian dari yang tak banyak tadi.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Di kawasan yang terletak di Hunter Region, New South Wales, wisatawan bisa sangat dekat dengan lumba-lumba yang kebanyakan berjenis hidung botol. Dengan melakukan snorkling, wisatawan akan bisa bercengkrama dengan hewan laut yang sedikit berisik ini. Bila tidak berani berenang, ada alternatif lain untuk mendekati kawanan lumba-lumba yang melompat beriringan dengan cantiknya itu. Beberapa kapal menyediakan boom net, semacam jaring yang digunakan untuk wisatawan agar bisa duduk lebih dekat dengan air sehingga mudah menjangkau para lumba-lumba. Kegiatan ini mereka sebut dengan dolphin and whale watching .

Di Indonesia sendiri, sebenarnya terdapat beberapa pantai yang menyajikan pemandangan anggunnya para lumba-lumba berenang, salah satunya di pantai Lovina. Namun yang membedakan, di perairan yang berjarak sekitar 2,5 jam dari Sidney ini, wisatawan bisa merasa lebih dekat dengan para lumba-lumba dibanding dengan yang ada di Lovina. Boom net tadi pun merupakan kelebihan wisata Port Stephens yang jarang dimiliki pantai-pantai lain.

Jika telah puas bermain dengan lumba-lumba, Port Stephens juga memiliki banyak pantai dengan pasir yang keemasan. Disana wisatawan bisa bermain pasir, berjemur, berenang, sampai menikmati pemandangan matahari terbenam. Tak cukup sampai disitu, pelabuhan yang ukurannya lebih besar dari Sidney Harbour ini juga memiliki pemandangan perbukitan dan hutan yang sangat menyejukan. Akses jalannya juga cukup mudah dilalui.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan wisata yang dapat dilakukan disini. Untuk itu, bila suatu waktu sedang berlibur di Australia atau sedang merencanakan untuk berlibur disana, pastikan Port Stephens masuk dalam daftar Itenerary.