Dubai, Liburan Mewah Dari Tanah Arab

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Puluhan tahun lalu, wilayah ini lebih didominasi gurun pasir gersang khas Timur Tengah. Tapi kini, investasi besar-besaran telah menjadikan pesisir Uni Emirat Arab itu berubah menjadi megapolitan penyediakan semua yang wisatawan berdompet tebal ingingkan. David Beckham dan beberapa selebritis serta konglomerat dunia pernah merasakannya.

Burj Khalifa (Foto: Istimewa)

Burj Khalifa (Foto: Istimewa)

Terutama sejak 2010. Dubai berhasil menggemparkan dunia dengan berdirinya Burj Khalifa, sang gedung tertinggi seantero bumi yang pernah dibuat manusia. Saking tingginya, puncak Burj Khalifa masih dapat terlihat dari jarak 95 km. Di bangunan setinggi 828 meter dengan 153 lantai tersebut, terdapat perkantoran dan hotel super mewah dengan fasilitas lift tercepat di dunia. Giorgio Armani pun sampai menginvestasikan uangnya untuk membuka Armani Hotel disana. Di dalamnya terdapat pusat kebugaran, restoran, klub cerutu, taman dengan air mancur yang indah, sampai dek observasi untuk melihat pemandangan Dubai.

Ada juga hal unik dari gedung ini, terutama bagi umat Muslim. Baru-baru ini, banyak media tanah air yang memberitakan kalau waktu berbuka puasa disana terbagi menjadi 3. Biasanya perbedaan waktu berbuka terjadi untuk lokasi yang jaraknya berjauhan, tapi ini justru terjadi perbedaan dalam satu tempat. Masing-masing pembagian waktu tersebut berjarak 1 menit dengan lantai terdasar yang mendapat waktu berbuka lebih awal.

Burj Al-Arab  (Foto: Istimewa)

Burj Al-Arab (Foto: Istimewa)

Tak hanya Burj Khalifa, Dubai juga memiliki hotel yang mengklaim dirinya sebagai yang termewah di dunia dengan menyandang bintang 7. Bahkan saking merasa termewahnya, hotel ini sampai mengalahkan hotel-hotel lain disekitarnya yang berbintang 6. Namanya dalah Burj Al-Arab. Lewat tangan handal perancang bangunan bernama Tom Wright, gedung ini berdiri setinggi 321 meter deangan bentuk yang sangat unik.

Belum cukup sampai disitu, Dubai juga berahasil mengaplikasikan bentuk dasar pohon palm menjadi sebuah pulau yang sangat indah dan megah. Pulau bernama Palm Jumeirah itu menjadi surga yang menyediakan semua kesenangan bagi para wisatawan. Bentuknya terdiri dari pulau yang membentuk batang palm dengan mahkota yang mencakup 17 pulau sebagai daunnya. Pulau buatan ini memiliki luas sekitar 5 km x 5 km atau sekitar 800 kali lipat lapang sepak bola. Hotel, villa, rumah air, apartemen, bioskop, sarana olah raga, dan masih banyak fasilitas lainnya dibangun disini. Semua adalah untuk memuaskan para wisatawan.Pulau ini juga dikelilingi oleh pulau buatan juga yang membentuk bulan sabit sepanjang 11 km. Pulau ini berfungsi sebagai pemecah gelombang untuk melindungi Palm Jumeirah.

Palm Jumeirah  (Foto: Istimewa)

Palm Jumeirah (Foto: Istimewa)

Selain ketiganya, Dubai juga masih memiliki banyak area wisata seperti Mall of The Emirates, Jumeirah Beach, Wild Wadi, dan masih banyak lagi. Ada juga beberapa rencana pembangunan yang akan membuat Dubai semakin megah.

Intinya, Dubai kini bukanlah Dubai yang dulu. Hamparan gurun pasir mulai terganti dengan beton-beton besar yang membentuk bangunan super mewah. Dubai merupakan imajinasi luar biasa manusia yang berhasil terealisasikan. Terakhir, Dubai menjadi tempat paling direkomendasikan untuk merasakan sensasi wisata super mewah.

About the Author