Wisata Ke Banyak Pulau di Kepulauan Banyak Bersama Banyak Teman

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Wisata bahari Indonesia tidak hanya terdapat di wilayah timur, dari ujung barat, tepatnya di kabupaten Aceh Singkil, Nangroe Aceh Darussalam, terhampar gugusan pulau-pulau cantik yang terangkum dalam Kepulauan Banyak. Tak tanggung-tanggung, ada 99 pulau mengitarainya dengan Pulau Tuangku, Pulau Bangkaru, Pulau Ujung Batu dan Pulau Palambak Besar sebagai yang terbesar. Tak semua pulau berpenghuni, hanya beberapa yang ditinggali manusia dengan pulau Balai sebagai ibukota kecamatan. Aktivitas perekonomian terpusat disini. Pulau ini juga memiliki fasilitas terlengkap dibanding pulau lainnya di Banyak.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Di Kepulauan Banyak ini, banyak pulau yang bisa dijadikan lokasi liburan dengan banyak aktivitas bahari. Pantai-pantainya memiliki garis yang cukup panjang dengan pasir putih yang sangat halus. Cocok untuk berjemur, bermain air, serta bermain pasir. Bagi pecinta olahraga selancar, Kepulauan Banyak menyediakan 12 titik untuk melakukannya. Di beberapa titik tersebut, ombak mampu mencapai ketinggian 4 – 6 meter. Pulau Bangkaru, Silingar, bagian selatan Pulau Tuangku, pantai Amandangan dan pantai Pelanggaran di pulau Bangkar menjadi primadona para peselancar. Disini juga belum pernah terlihat penampakan hiu sehingga aman bagi peselancar.

Kedalaman lautnya pun memiliki dunia yang indah untuk dilihat dengan cara scuba diving atau snorkling. Di dalamnya terdapat keanekaragaman bahari yang sangat memesona. Trumbu karang dikelilingi ikan-ikan cantik. Air yang sangat jernih pun turut memanjakan pandangan untuk menyaksikan lukisan bahari yang indah ini. Saking jernihnya, di titik berkedalaman 3 meter, dasar laut yang indah tadi bisa dinikmati cukup dengan menaiki perahu beralaskan kaca. Pantai Pulau Tailana, Rago-Rago, Matahari, Pabisi dan Sikandang merupakan lokasi terbaik untuk melakukan hal ini.

Selanjutnya adalah melihat kehidupan para penyu yang anggun. Di Pulau Bangkaru, terdapat konservasi beberapa jenis penyu seperti penyu hijau, penyu belimbing, dan penyu sisik. Siapkan uang tunai sebelum masuk pulau ini karena ada biaya administrasi untuk masuk kawasan konservasi.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Di balik pulau Palambak besar, ombak akan berhembus dengan tenang. Disinilah lokasi dimana wisatawan bisa melakukan kayaking. Menaiki kayak sambil melihat kecantikan pulau tropis merupakan satu dari banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Banyak.

Bukan hanya perairannya saja yang bagus untuk dijelajahi. Pulau Tuangku menjadi lokasi yang pas untuk berpetualang. Disana wisatawan bisa melakukan treking menyusuri pantai dan hutan. Saat berjalan, wisatawan akan disuguhi kehadiran kancil, beo Nias, tupai, babi hutan dan kupu- kupu beraneka warna.

Terakhir, yang bisa dilakukan disana adalah menjelajahi kepulauan Banyak ke pulau-pulau yang diinginkan. Dengan menyewa kapal, pulau-pulau disana biisa dikunjungi seharian. Hanya saja, biaya untuk menyewa kapal ini tergolong mahal. Untuk itu, pergi bersama banyak teman menjadi cara paling bijak saat pergi ke Banyak.

 

About the Author