Bermain dengan Lumba-Lumba di Negeri Kangguru

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Berenang lumba-lumba adalah sebuah kegiatan yang didambakan banyak orang, tapi memerlukan sedikit keberuntungan untuk bisa melakukannya. Hal ini karena para mamalia lucu tersebut tidak selalu hadir di permukaan, selain itu tak banyak lautan yang menjadi titik berkumpulnya para lumba-lumba. Port Stephens di Australia menjadi bagian dari yang tak banyak tadi.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Di kawasan yang terletak di Hunter Region, New South Wales, wisatawan bisa sangat dekat dengan lumba-lumba yang kebanyakan berjenis hidung botol. Dengan melakukan snorkling, wisatawan akan bisa bercengkrama dengan hewan laut yang sedikit berisik ini. Bila tidak berani berenang, ada alternatif lain untuk mendekati kawanan lumba-lumba yang melompat beriringan dengan cantiknya itu. Beberapa kapal menyediakan boom net, semacam jaring yang digunakan untuk wisatawan agar bisa duduk lebih dekat dengan air sehingga mudah menjangkau para lumba-lumba. Kegiatan ini mereka sebut dengan dolphin and whale watching .

Di Indonesia sendiri, sebenarnya terdapat beberapa pantai yang menyajikan pemandangan anggunnya para lumba-lumba berenang, salah satunya di pantai Lovina. Namun yang membedakan, di perairan yang berjarak sekitar 2,5 jam dari Sidney ini, wisatawan bisa merasa lebih dekat dengan para lumba-lumba dibanding dengan yang ada di Lovina. Boom net tadi pun merupakan kelebihan wisata Port Stephens yang jarang dimiliki pantai-pantai lain.

Jika telah puas bermain dengan lumba-lumba, Port Stephens juga memiliki banyak pantai dengan pasir yang keemasan. Disana wisatawan bisa bermain pasir, berjemur, berenang, sampai menikmati pemandangan matahari terbenam. Tak cukup sampai disitu, pelabuhan yang ukurannya lebih besar dari Sidney Harbour ini juga memiliki pemandangan perbukitan dan hutan yang sangat menyejukan. Akses jalannya juga cukup mudah dilalui.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan wisata yang dapat dilakukan disini. Untuk itu, bila suatu waktu sedang berlibur di Australia atau sedang merencanakan untuk berlibur disana, pastikan Port Stephens masuk dalam daftar Itenerary.

About the Author
×
Hai! Saya mau bertanya tentang paket tour dan yang lainnya