Tips Memilih Carrier Untuk Traveling

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

 

Bagi para Traveler terutama yang suka berkelana ke gunung, hutan dan sebagainya, Carrier/kerir menjadi sebuah benda yang sangat penting untuk menyimpan segala perbekalan. Namun bagi pemula, banyak yang tidak tahu bagaimana memilih kerir yang pas. Banyak yang berpikir kalau membeli kerir dengan harga yang mahal adalah cara paling benar karena berfikir harga tidak akan berbohong. Namun sebenarnya ini tak melulu benar.

Memilih kerir tidaklah bisa digeneralisasikan. Dimana satu kerir terbaik untuk orang lain belum tentu jadi yang terbaik untuk yang lainnya. Ini karena bentuk tubuh manusia berbeda-beda. Faktor paling utama dalam memilih kerir adalah kenyamanan dan keamanan. Untuk itu, berikut tips memilih kerir dari duta wisata.

  1. Bentuk Kerir

Torso manusia memiliki bentuknya masing-masing, untuk itu pastikan kerir yang dipilih sesuai dengan torso anda. Bentuk terbaik dari sebuah kerir adalah menyerupai tabung yang tidak terlalu melebar ke samping atau ke belakang. Isilah kerir dengan sesuatu sampai bisa bediri, lalu pakai dan berjalanlah beberapa meter. Dari situ rasakan mana yang paling nyaman dengan tubuh.

  1. Fitur Kerir

Banyak fitur dalam kerir yang bisa menentukanfakktor kenyamanan. Diantaranya adalah memiliki back system yang baik. Lihat kerir yang dibeli lalu perhatikan bagian belakangnya. Pastikan memilih kerir yang memiliki besi penyangga, ini berguna untuk menopang tubuh. Lalu cari kerir yang memilik pengatur panjang punggung. Ini berfungsi untuk mencari stelan terbaik bagi punggung anda. Kemudian perhatikan bantalan punggungnya. Kerir dengan bantalan punggung yang baik biasanya berbahan yang mudah menyerap keringat, memiliki rongga udara, menimbulkan efek nyaman saat bersentuhan dengan tubuh, serta memiliki bantalan pada lumbar dan scapula. Perhatikan pula tali-tali seperti tali pinggang, bahu, dada, dan tali pengatur atas. Tali pinggang yang baik adalah yang empuk sedikit lebar, saat dipakai berada pada tonjolan pinggang, dan tidak mudah turun sehingga bisa membagi beban dengan bahu. Lalu tali bahu, pilihlah tali yang memiliki webbing, berbahan empuk, berhubung dengan bagian atas tas, dan nyaman dipakai. Untuk tali dada, pilihlah tas yang memiliki tali dada dengan posisi yang pas, tidak terlalu menykik dada. Lalu tali terakhir, yaitu tali pengatur atas, pastikan memilih tali yang terhubung dengan bagian puncak tas agar tas tidak condong ke belakang saat dipakai.

  1. Bahan Kerir

Pilih tas yang berbahan empuk serta mampu menyerap keringat.

  1. Efisiensi tas

Ini bisa dilihat dari resletingnya. Pilihlah yang memiliki resleting atas, samping dan tengah agar mudah dalam mengambil barang. Pilih juga yang memiliki ruang tambahan di bagian atas untuk menyimpan sesuatu yang sifatnya paling dibutuhkan seperti jas hujan dan obat-obatan. Untuk keamanan, carilah tas yang memiliki resleting tersembunyi dan bisa dikunci.

  1. Ukuran

Ini sangat penting dalam memilih kerir. Pastikan ukuran yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tentukan dulu kegunaannya, barulah pilih ukuran yang dirasa paling pas. Jangan lebih besar dari kebutuhan apalagi lebih kecil.

  1. Warna

Selin agar terlihat lebih good looking, pemilihan warna juga berpengaruh terhadap keselamatan. Pilihlah yang berwarna cerah. Ini berguna agar bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, pemiliknya akan lebih mudah ditemukan.

  1. Keren

Meskipun di alam liar, pastikan memilih kerir yang membuat anda tetap terlihat keren. Karena meskipun berada di alam, anda tetap tidak sendirian :)

About the Author